Resensi Buku PhD Parents’ Stories

cover buku phd parents

Judul buku: PhD Parents’ Stories, Menggapai Mimpi Bersama Pasangan Hidup
Penulis: Ario Muhammad, Ph.D
Jumlah halaman: 293 halaman
Penerbit: NEA Publishing
Tahun: 2018 (Cetakan pertama)
ISBN: 978-602-5416-81-1

Bismillah.

Dari cover buku terlihat bahwa buku ini akan berisi seputar perjuangan keluarga muda yang menjalani studi PhD. Buku ini membagi ulasan perjuangan S3 yang diawali dari tips memilih pasangan hidup, kemudian diikuti dengan perjuangan perempuan semesta yang menunjukkan kiprah perempuan muslim di dunia, hingga membahas dunia parenting dan pendidikan anak di negara minoritas muslim.

Pada bagian pertama, buku ini mengulas tips memilih pasangan, baik belajar dari kisah Nabi Muhammad SAW, mengatasi kondisi kekinian menikah dalam kondisi tak mapan, hingga menjalani cita-cita bersama. Dengan tajuk buku yang mengulas kehidupan parents, 86 halaman seputar memilih pasangan rasanya terbilang cukup banyak. Jika pembaca adalah seseorang yang sudah berkeluarga dan ingin mengetahui kehidupan S3 di luar negeri, maka part ini rasanya menjadi semacam pengingat akan pentingnya visi bersama.

Kemudian bagian kedua seputar kehidupan perempuan muslim di luar negeri juga cukup banyak, sekitar 85 halaman. Pada bagian ini, seolah-olah pembaca akan meresapi dunia perempuan muslim dan perjuangannya. Bagaimana menjaga identitas muslim dengan hijabnya, berusaha menghapus stigma negatif muslim di masyarakat umum, hingga merasakan kepanikan melahirkan. Haha. Rasanya pembaca akan ikut deg-degan dengan proses melahirkan yang terjadi.

Sedangkan 112 halaman sisanya, sesuai judul buku, masih dominan seputar parenting dan kehidupan menjadi PhD parents. Pada awalnya diceritakan bagaimana tips mempersiapkan masa depan anak, yang terinspirasi dari tokoh dunia yang sukses akibat pola asuh orang tuanya, sebut saja Williams sister hingga Joey Alexander. Penulis juga menyoroti terkait pentingnya kerjasama yang baik antara ayah dan ibu dalam pelaksanaan parenting, adanya aturan parenting di rumah, hingga bagiamana pendidikan Islam pada anak ketika di Inggris.

Banyak hal menarik lainnya juga diulas pada buku ini seperti bagaimana membangun kebiasaan yang baik, bagaimana membentuk growth mindset pada anak, hingga sifat pembelajar yang pantang menyerah. Mindset pembelajar yang selalu ditanamkan penulis pada anaknya yaitu: tak takut salah dan mencintai proses. Sebuah pengingat bagi kita bersama, tak hanya untuk anak-anak kita saja. Dari buku ini pun kita akan belajar dari ketulusan hati seorang anak, komunikasi orang tua dan anak, dan berbagai hikmah lainnya.

Buku ini cocok untuk menyemangati siapapun di luar sana yang ingin menantang potensi dirinya menjadi orang tua pembelajar dimanapun berada. Buku ini pun cocok sebagai motivasi diri terkait kehidupan, sifat pembelajar, dan pentingnya parenting. Sayangnya beberapa kesalahan penulisan, seperti typo dan salah tata letak halaman masih ditemui pada buku cetakan pertama ini. Namun, hal tersebut rasanya tidak mengurangi kayanya konten dari buku ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: