Quote Film Christopher Robin dalam Menghadapi Quarter-Life Crisis

Setelah menonton film ini rasanya tidak mungkin lupa begitu saja pada quote-quote penuh makna di dalamnya. Berikut adalah beberapa quote film Christopher Robin (2018) yang menurut saya sangat berkesan, yang bisa dikaitkan dalam menghadapi quarter-life crisis atau bahkan middle-life crisis yang dialami seseorang.

Pooh: “Where are you going Christopher Robin?”

Christopher Robin: “Nowhere.”

Pooh: “Oh. One of my favorite places.”

Kita terkadang bingung akan pergi kemana, tak tahu tujuan hidup, hilang arah, dan bahkan bisa jadi berujung depresi. Namun, Pooh yang masih “kecil” berpikiran bahwa “Nowhere”, atau “entah tidak tahu pergi kemana” adalah hal yang lumrah akan dialami seseorang. Bingung boleh, asalkan tak berlarut-larut. Tinggal cara kita menyikapinya bagaimana, apakah dengan bahagia atau bersedih.

“People Say Nothing is Impossible, but I do Nothing Everyday” 

Pooh

Di tengah dunia yang penuh ambisi saat ini, kadang orang mengatakan quoteNothing is Impossible” sebagai penguat bagi diri mereka. Uniknya, Pooh menambahkan kalimat tersebut dengan “I do Nothing Everyday” yang tampak menjadi lebih santai tapi bermakna sangat dalam.

“Doing nothing it leads to the very best of something” 

Pooh

Kadang kita memang perlu sejenak berhenti bahkan bisa jadi tidak melakukan apapun, merenungi apa yang sebenarnya ingin kita lakukan, memeriksa kembali apa yang harus diprioritaskan, dan mengevaluasi apakah jalan yang ditempuh sudah benar. Kita perlu memiliki rem dan stopping point untuk merenungi ini semua. Bagi seorang muslim, untungnya kita punya shalat, hari Jum’at, Ramadhan, umroh atau haji, sebagai salah satu fasilitas bagi kita untuk berhenti sejenak dari urusan dunia, merenungi aktivitas kita dan merencanakan masa depan.

Pooh: “What day is it?”

Christopher Robin: “It’s today.”

Pooh: “My favorite day.”

Ini juga percakapan menarik. Kita seringkali lupa dan kurang bersyukur akan berbagai nikmat yang terjadi hari ini. “Today” adalah yang kita hadapi saat ini. Jangan terlalu mengutuk masa lalu atau berangan-angan dengan ketakutan tentang masa depan. Hadapilah hari ini dengan senyuman.

“I always get to where I’m going by walking away from where I’ve been.”

Pooh

Perkataan ini juga rasanya akan dialami oleh kebanyakan orang. Bingung tentang tujuan hidup dan berakhir diam tak kemana-mana. Mungkin salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melangkah. Pergi saja. Jalani saja dulu. Tentu dengan hasil renungan yang baik. Tapi bagaimana kita bisa berubah jika kita tidak melangkah?

“Your life is happening right now in front of you.”

Evelyn Robin

Ucapan ini diungkapkan istri Christopher Robin kepada suaminya yang sibuk dengan karirnya hingga tak bisa menghabiskan waktu dengan keluarganya bahkan untuk liburan di akhir pekan. Terkadang kita sebagai laki-laki/suami/ayah berpikir panjang tentang kebutuhan hidup, kondisi keluarga, masa depan anak, yang sangat jauh ke depan, tapi bukan berarti hal tersebut mengalihkan diri kita dari kehidupan yang sedang kita jalani saat ini.

Christopher Robin: “Prepare for the real world. That’s our responsibilities.”

Pooh: “It is seem. I must go forward, where I’ve never been.”

Kembali Pooh mengingatkan kita bahwa untuk bersiap menuju masa depan, menuju berbagai tanggung jawab, kita perlu melangkah, membuat keputusan besar, bahkan yang mungkin belum pernah terbayang sebelumnya.

Christopher Robin: “Because you’re different. And people don’t like things that different.”

Pooh: “I feel I shouldn’t be me.”

Christopher Robin: “No. No. You should be yourself.”

Pooh: “Now this is very confusing.”

Ini juga menarik. Semacam kritikan terhadap dunia kita saat ini yang menjunjung tinggi kalimat “Be yourself”. Tapi tak terpungkiri ketika kita mengikuti segala keinginan kita, kadang justru berujung orang lain tidak menyukai kita. Sebagai manusia dewasa yang hidup bermasyarakat, tentu baiknya kita menjaga ini tetap seimbang. Berusaha tetap menjadi diri sendiri tetapi tidak menutup diri terhadap saran dari orang lain. Namun begitu, karena hidup ini kita yang menjalani, kita yang paling tahu kondisi kita sendiri, maka keputusan apapun yang kita buat tentu tak bisa untuk menyenangkan semua orang. Sebagai muslim, rasanya kalimat “yang penting Allah ridha” bisa menjaga kita untuk tetap menjadi diri kita sendiri tetapi tidak melangkahi kebebasan substansial. Kebebasan yang tidak merugikan orang lain.

“Worry is the way to concern.”

“Or is it concern is the way to confusion.”

Owl

Kalimat ini juga mengkritik kita yang seringkali disibukkan dengan ketakutan yang ada di pikiran kita, kekhawatiran yang malah berujung pada kebingungan. Namun, Owl membuat kita berpikir mungkin kita perlu mengendalikan rasa khawatir berlebihan dalam pikiran kita secara proporsional.

Roo: “What is Madeline? Is it more important than your case of important things?” (refers to the work briefcase)

Christopher Robin: “Madeline is my daughter. Yes of course, absolutely. She means the world to me.”

Roo: “Then. Why isn’t she with you?”

Pertanyaan polos dari Roo si kangguru kecil. Sebagai pengingat bagi kita bahwa sesibuk apapun kita dengan pekerjaan kita, tetap bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga. *you sing you lose*. Hehe.

Bagaimana? Sangat bagus bukan quote-nya? Sederhana tapi mendalam.

Awalnya saya berpikir akan biasa saja filmnya. Dulu saya menonton kartun Winnie the Pooh tetapi tidak merasakan ada berbagai kalimat mendalam ini. Mungkin karena dulu masih kecil ya. Polos dan tak tahu tentang terjalnya kehidupan. Tapi ternyata ada banyak makna tersirat yang bisa kita pelajari dari berbagai percakapan pada film Winnie the Pooh tersebut. Percapakan polos yang jauh dari kata menggurui.

Sebenarnya sudah banyak referensi lain terkait makna-makna quote ini, salah satunya saya dapat dari web ini dalam Bahasa Inggris. Beliau bahkan membuat poster dari quote tersebut. Thank you for inspiring me.

Terima kasih para pembaca. Selamat menjalani kehidupan seperempat abad atau bahkan setengah abad. Santai sedikit gapapa lah, karena doing nothing sometime leads to the very best of something.

Advertisements

2 thoughts on “Quote Film Christopher Robin dalam Menghadapi Quarter-Life Crisis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s