3 Hari 3 Malam di Belanda

Kamis, 15 September 2016

Alhamdulillah setelah perjalanan panjang versi backpacker, naik pesawat KLM Jakarta – Malaysia terlebih dahulu, kemudian menginap semalam di Bandara Kuala Lumpur, transit di Bandara Istanbul sebentar, hingga akhirnya kami sampai di Bandara Schiphol, Belanda. Perjalanan panjang yang melelahkan tapi cukup menyenangkan karena fasilitas Turkish Air yang nyaman. Wkwk. (KL-Amsterdam + Paris-Jakarta hanya 7,2 jutaan lho. Tiket promo dari skyscanner.com)

Kami sampai Schiphol saat malam hari, sudah lelah, lapar, dan tak terpikir sedikit pun untuk foto-foto. Kami sudah ditunggu oleh teman kami, Zahrina, dan teman-temannya. Akomodasi kami pada perjalanan tambahan di Eropa di-“support” oleh teman-teman kami yang sedang berkuliah di negara-negara tersebut. Alhamdulillah ya, sekalian silaturahim lah. Wkwk.

Bandara Schiphol

Suasana malam sekitar bandara tampak sepi seperti jalan tol biasa. Dalam hati saya berkata, “Oh jadi ini Belanda?” Mengingatkan kembali pada impian lama yang tertunda, lalu Allah kabulkan dengan cara yang tidak terduga. Alhamdulillah.

***

Tak lama kemudian, kami sampai di Delft, rombongan laki-laki berpindah ke tempat teman kami yaitu Kang Fakhry. Malam sudah larut. Tak sempat banyak cerita, tapi Mas Dedi dan Mas Ivan sempat makan mie rebus #penting. Hal ini mengingatkan kami agar membiasakan diri untuk makan serba sederhana beberapa pekan kedepan. Haha. Maklum low-cost backpacker. Kami tertidur di penginapan Kang Fakhry dengan beralaskan sajadah (?) saja. Kang Fakhry baru saja pindahan dan belum ada banyak peralatan di kosannya. Ya udah untung ini mau ditampung juga. Wkwk.

Jum’at, 16 September 2016

Pagi hari. Masih mendung. Sendu gimana gitu. Kami memutuskan jalan-jalan pagi sendiri selagi Kang Fakhry bersiap-siap dengan urusannya. Ya istilahnya, kami keliling komplek lah.

“Kosan” Kang Fakhry

Berasa winter, kami pakai semua “peralatan menghangatkan badan”, dari jaket, syal, dan sarung tangan. Wkwk. Alay dikit sih. Padahal masih summer menjelang autumn. Tapi karena angin yang kencang, dan kami (gue sih) belum terbiasa, jadi semua dipakai.

Kami yang norak-dikit-karena-baru-pertama-ke-Eropa, melihat semua bentuk gedung menjadi menarik. Mungkin karena kemarin tiba malam hari dan belum sempat melihat bentuk bangunan yang ada. Semua kami foto. Dikit-dikit foto. Rumah orang difoto. Mobil orang difoto. Maklum turis. Turis mah bebaaaas.

Agenda hari ini adalah jalan-jalan di kampus TU Delft, makan kapsalon, dan bersepeda keliling Kota Delft.

Kampus TU Delft sangat bagus dan bersih. Sesekali kami bertemu dengan orang ITB. It was like, “Eh itu orang ITB ga sih? Mukanya familiar.”

Katanya, TU Delft ini seperti ITB-nya Belanda. Selain karena sama-sama kampus teknik, ada cukup banyak orang ITB yang berkuliah di sini.

Kami juga sempat merasakan shalat Jum’at di kampus Delft. Jangan berpikir kami shalat di masjid besar di depan kampus ya (Emang salman apa?). Kami hanya shalat di ruangan agak luas yang disulap menjadi mushola. Di mushola ini kami pun bertemu orang-orang ITB lainnya.

Sabtu, 17 September 2016

Hari ini kami berkeliling ke Rotterdam dan mampir-mampir ke stasiun yang ada di Belanda. Mampir stasiun, foto, jalan bentar, pergi lagi. Wkwk.

Kesan kami di Rotterdam baguuus banget, banyak gedung eye-satisfying gitu. Jauh lebih menarik dibanding Delft. Haha. Untuk yang nyari bahan postingan IG, bisa lah kesini. Lol.

Setelah dari Rotterdam kami melanjutkan perjalanan mengunjungi stasiun-stasiun. Pertama kami sampai di Den Haag, di sini katanya pusat pemerintahan di Belanda. Jadi jangan heran isinya gedung-gedung tinggi tapi terkesan kaku, tak se-artistik Rotterdam.

Kemudian kami melanjutkan ke Leiden, sayangnya hari sudah malam sehingga tak begitu terlihat kondisi lingkungan sekitar Leiden. Tapi saat kami sampai, sepertinya sedang ada konser di dekat stasiun.

Pakai jaket kamil, sebelah stasiun ada konser. wkwk

Ahad, 18 September 2016

Kami pamitan dengan Kang Fakhry dan Zahrina dari Delft. Berfoto sejenak dengan jaket Kamil Pascasarjana ITB, biar berasa perjalanan dinas. Haha. Tadinya memang kami berencana bertemu salah seorang pengurus PPI Belanda, tapi sayangnya saat itu tidak memungkinkan. Jadi, lewat Zahrina sudah terwakili ya. Hehe.

Kami berangkat ke Amsterdam untuk bertemu kawan-kawan yang lain. Jadi kami pergi sudah dengan barang se-gambreng. Dulu dititip dimana ya ini (?), sepertinya di stasiun.

Amsterdam sangat ramai. Itu kesan pertama saya. Sangat crowded. Mana saat itu sepertinya sedang ada acara Marathon. Makin rame-lah kota ini. Sepertinya semua turis yang ke Belanda pasti ingin ke Amsterdam. Tujuan utama kami bertemu teman-teman S1 (Roro, Ucon, Hendry, dkk), mencari kincir angin, dan berfoto di tulisan “I-am-ster-dam”. Sesederhana itu. Wkwk.

Dulu saat S1, saya sempat berjanji kecil-kecilan akan bertemu kembali dengan teman-teman di Eropa ketika S2. Alhamdulillah, akhirnya bisa bertemu kembali dengan beberapa orang dengan tambahan orang lainnya. Allah memang sebaik-baik pembuat rencana.

***

Perjalanan di Belanda pun usai. Dari Amsterdam kami berpisah rombongan, saya dan Mas Ivan pergi naik Flix-Bus ke Essen, sedangkan Mas Dedi dan Annisa naik Uber ke Essen. Perjalanan selanjutnya pun dimulai. Perjalanan yang sebenarnya, Summer School di University of Duisburg-Essen, Jerman.

*Perjalanan ini sudah sangat lama ingin ditulis tapi sejauh ini berakhir di draft dan tak kunjung rampung. Alhamdulillah seri di Belanda sudah ditulis. Semoga menyusul tulisan selanjutnya. Mohon maaf juga nih throwback nya kejauhan. Baru sempat soalnya. Hehe. Semoga bermanfaat ya.

*credits: dokumentasi pribadi & dokumentasi Mas Ivan

Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu selama di Belanda.

Advertisements

2 thoughts on “3 Hari 3 Malam di Belanda

  1. Pingback: Pengalaman Summer School di Jerman – Firdha Cahya Alam

  2. Pingback: Kemalingan dan Jadi Gelandangan di Brussels – Firdha Cahya Alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s